Kuala Kapuas, Kalteng (ANTARA News) - Manajer PT PLN Cabang Kapuas, Kalimantan Tengah, Juli Sasmiharto, mengatakan, listrik prabayar sangat tepat digunakan bagi pelanggan di daerah itu yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa.

"Pelanggan tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik yang tidak dibayar oleh penghuni rumah kontrakan karena pemakaian listrik sudah menjadi tanggung jawab dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan si penyewa," katanya di Kuala Kapuas, Kamis.

Untuk itu pihaknya menyarankan kepada pelanggan yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa untuk segera migrasi dari pelanggan pascabayar menjadi pelanggan listrik prabayar.

Ia mengatakan untuk bermigrasi menjadi pelanggan prabayar, pelanggan tidak dipungut biaya pemasangan meter elektronik prabayar, hanya saja pelanggan harus membeli token atau voucher listrik melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ataupun di loket pembayaran listrik "online" yang telah tersedia.

Keuntungan listrik prabayar ini antara lain lebih mudah mengendalikan atau mengatur pemakaian listrik, dimana melalui meter elektronik prabayar tersebut, pelanggan dapat memantau pemakaian listrik sehari-hari dan setiap saat, katanya.

Ia menjelaskan, pelanggan akan mendapatkan tanda peringatan dari meter elektronik prabayar berupa bunyi alarm serta lampu indikator warna merah yang berkedip-kedip jika token listrik hampir habis.

Semakin menipis token listrik yang dibeli pelanggan maka bunyi alarm akan semakin sering berbunyi serta lampu indikator akan semakin berkedip, jelasnya.

Keuntungan lainnya dari listrik prabayar ini yakni pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran dari pelanggan sehingga memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Pelanggan dapat membeli token atau nilai voucher bervariasi mulai Rp20 ribu sampai dengan Rp1.000.000 sehingga memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan keinginan pelanggan itu sendiri

Selain itu, listrik prabayar tidak ada terjadi salah baca meter, tidak ada pemutusan karena tidak terikat dengan waktu pembayaran.

"Dengan cara baru berlangganan listrik melalui prabayar ini diharapkan lebih membudayakan sikap hemat listrik yang harus dilakukan oleh pelanggan, katanya.

Pihaknya juga menyarankan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas yang masih menjadi pelanggan listrik pasca bayar agar dapat beralih menjadi pelanggan listrik prabayar dengan keuntungan dalam penggunaanya. (GR/Z002/K004)