Selamat datang di Agen Listrik PLN Prabayar

Pelanggan Listrik Prabayar Kesulitan Peroleh Voucher Isi Ulang

1komentar

Ramdhania El Hida - detikFinance

Meteran Isi Ulang Listrik PLN
Jakarta - PT PLN (Persero) mengakui hingga saat ini masih banyak keluhan dari pelanggan listrik prabayar yang kesulitan untuk mendapatkan voucher isi ulang.

Direktur Manejemen Bisnis dan Risiko PLN, Murtaqi menyatakan sejauh ini, pelaksanaan listrik prabayar memang telah mendapatkan respons yang positif dari masyarakat.

BUMN listrik itu mencatat jumlah pelanggan listrik prabayar di Jawa Bali, pada saat ini sudah mencapai 200.000 pelanggan. Padahal target yang ditetapkan PLN, khusus untuk Jawa Bali sekitar 150.000 pelanggan pada tahun ini.

"Kita mengusulkan, responsnya sangat bagus, karena bisa mengontrol komplementer untuk penghematan listrik. Pemerintah menyambut dan difasilitasi," ujarnya di sela rapat dengar pendapat (RDO) dengan Komisi VII di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/4/2010).

Meskipun banyak diminati, namun Murtaqi akui bahwa masih banyak keluhan dari pelanggan listrik prabayar. Hal ini terkait sulitnya memperoleh voucher isi ulangnya.

Menurutnya, kesulitan tersebut disebabkan masih sedikitnya bank yang mendukung program tersebut. Oleh karena itu, Murtaqi mengharapkan hingga pertengahan tahun ini, terdapat tambahan 41 bank yang mulai mendukung program ini untuk menjaring 40 juta lebih pelanggan PLN di seluruh Indonesia.

"Ke depannya akan ada 41 bank,diharapkan seluruh Bank BUMN bisa ikut. Harapannya bisa jalan pertengahan tahun ini," imbuhnya.


Listrik prabayar merupakan layanan terbaru PLN untuk konsumen dalam mengelola konsumsi listrik melalui meter elektronik prabayar sesuai dengan kebutuhannya. Tahun 2007 lalu, prabayar pertama kali dinikmati oleh masyarakat Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Untung Jawa.

Dilanjutkan Tahun 2008 PLN terus mengkaji implementasi prabayar untuk pelanggan di daratan. Di tahun 2009, prabayar resmi diberlakukan bagi pelanggan PLN di Jakarta dan Tangerang.

Layanan listrik prabayar memiliki keunggulan, pelanggan tidak perlu khawatir akan kesalahan pencatatan, tidak direpotkan untuk menerima petugas pencatat meter yang berkunjung setiap bulan, privasi pelanggan tidak terganggu, pemakaian listrik sepenuhnya dikendalikan oleh pelanggan, dan pelanggan tidak perlu khawatir akan terjadinya pemutusan.

Kelebihan berikutnya, pelanggan tidak perlu khawatir mati listrik mendadak saat stroom yang tertera di meter sudah habis. Secara otomatis, meter prabayar akan memberikan alarm jika jumlah kWh sudah mulai habis.

Dengan itu pelanggan dapat segera melakukan isi ulang listrik yang besarnya variatif mulai dari Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 500.000 dan Rp 1.000.000. Sehingga pelanggan bisa menyesuaikan jumlah pemakaian sesuai dengan kebutuhan. Dan yang lebih penting lagi adalah stroom listrik prabayar tidak ada masa tenggang waktu, sehingga bisa dipakai kapan saja. Tidak ada masa tenggang waktu. (nia/epi)  

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

29 Januari 2016 17.28

Salam kenal semuanya PULSA MURAH, MARKET PULSA CARI MD BARU

Poskan Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011-2013. PLN Prabayar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger