Selamat datang di Agen Listrik PLN Prabayar

April 201, PLN terapkan Listrik Prabayar

0 komentar

Telanaipura - Bulan April 2011 mendatang, PLN Cabang Jambi akan menerapkan sistem listrik prabayar. Untuk tahap awal, listrik prabayar ini akan diterapkan untuk karyawan PLN saja. Setelah semua aksesoris listrik prabayar di PLN Cabang Jambi lengkap, barulah diterapkan kepada masyarakat Jambi. H Tambunan, Humas PLN Cabang Jambi mengungkapkan, listrik prabayar akan diterapkan di Jambi pada bulan April 2011. Menurutnya, untuk tahap awal sistem ini akan disosialisasikan kepada karyawan PLN saja. “Setelah aksesoris listrik prabayar lengkap, baru diterapkan untuk umum,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk tahun 2011 ini, PLN telah menyiapkan 8.000 unit Kwh meter LPB (Kwh meter Listrik Prabayar) untuk Jambi, Bengkulu dan Palembang. “Khusus untuk Jambi belum tahu berapa,” katanya.
Bagi pelanggan PLN yang menggunakan sistem PLN pascabayar dan ingin bermigrasi ke listrik prabayar, maka pelanggan tersebut harus mengganti Kwh (kilo watt hour) meter-nya dengan Kwh meter LPB.   

Untuk diketahui, listrik prabayar adalah layanan terbaru untuk pelanggan PLN dalam mengelola konsumsi listrik melalui meter elektronik prabayar (MPB), dimana pemakaian listriknya dapat dikendalikan oleh konsumen itu sendiri. Dengan menggunakan alat yang bernama Kwh meter LPB, setiap konsumen memperoleh pemasokan listrik sesuai dengan kemampuan mereka. Alat ini akan disertai oleh voucher isi ulang listrik yang disebut dengan Token. Token adalah 20 digit angka yang unik dan berisi informasi untuk dimasukkan ke dalam Kwh meter LPB.

Segala sesuatu ada kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan listrik prabayar ini. Misalnya, tidak ada petugas pencatat meter yang datang ke rumah sehingga privasi tidak terganggu, kemudian tidak ada sanksi pemutusan, tidak dikenakan denda keterlambatan, tanpa uang jaminan pelanggan, tidak dikenakan biaya beban bulanan dan kemudahan pembelian setrum isi ulang. Selain itu, pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik untuk menghindari pemborosan, pelanggan dengan mudah dapat memantau pemakaian listriknya setiap saat dan pelanggan dapat menyesuaikan biaya pemakaian listrik dengan anggaran belanja.
Sedangkan kekurangannya, jika batas pemakaiannya sudah habis, maka listrik akan mati seketika, tidak peduli waktu siang atau malam, ataupun sedang menggunakan listrik atau tidak. (dip)

Sumber: Metro Jambi
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011-2013. PLN Prabayar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger