Selamat datang di Agen Listrik PLN Prabayar

Tarif Listrik Prabayar Lebih Mahal dari Pascabayar, Benarkah?

56komentar

Tarif listrik prabayar setelah dihitung justru lebih mahal daripada listrik pascabayar dan lebih membebani masyarakat kecil. Akhir-akhir ini PLN gencar menghimbau pelanggan agar beralih (migrasi) ke penggunaan listrik prabayar. Alih-alih menyajikan berbagai keunggulan program tersebut, nyatanya budget yang harus kami keluarkan lebih besar daripada sebelum bermigrasi ke listrik prabayar.

Anehnya lagi, kami menerima surat nomor : 033/161/UPJBGRBRT/2011 tanggal 24 Januari 2011 dari PLN UPJ Bogor Barat Jl raya Semplak, yang mengharuskan kami bermigrasi dari listrik pascabayar menjadi prabayar (surat masih saya simpan). Sebelumnya kami mendukung saja program tersebut karena banyak keunggulan dan kami awam soal program itu.

Namun setelah satu bulan kami rasakan pengeluaran untuk biaya listrik menjadi lebih besar. Lihat saja perhitungan berikut. Kami dikenakan biaya Rp20.000 untuk pemasangan alat listrik prabayar yang kemudian diganti dengan pulsa/token 33 kWh. Katakanlah biaya pemasangan tersebut gratis karena diganti pulsa listrik. Kemudian kami membeli pulsa senilai Rp100 ribu melalui ATM. Nilai uang tersebut setara dengan 158 kWh setelah dipotong PPN dan administrasi bank senilai Rp5.000. Jadi biaya yang kami keluarkan Rp120.00 untuk 191 kWh( 33 kWh + 158 kWh). Kemudian kami bandingkan dengan Simulasi untuk tarif listrik pascabayar yang kami coba melalui website : www.pln.co.id. Untuk pemakaian 191 kWh dengan golongan tarif rumah tangga dan batas daya 900 VA dirumah kami, hanya membutuhkan biaya Rp105.145, itupun sudah termasuk biaya beban.

Berikut kutipan lampiran surat yang kami terima dan tanggapan kami yang tidak sesuai dengan kenyataan :

Keuntungan dan Manfaat listrik Pra Bayar :

- Tidak ada pencatatan kWh meter; Nyatanya listrik pascabayar di rumah kami tidak dilakukan pencatatan dari Agustus 2010 sampai dengan migrasi ke pra bayar (Februari 2011). Selama itu kami hanya membayar beban saja melalui ATM.

- Tidak ada sanksi pemutusan; Benar memang tidak ada pemutusan karena kami mengelola sendiri kebutuhan listrik kami.

- Tidak dikenakan beban bulanan; Nyatanya tarif listrik prabayar lebih mahal dari pascabayar walaupun tarif pascabayar yang dikeluarkan sudah termasuk beban (lihat simulasi).

- Tarif listrik prabayar sama dengan Pascabayar; Nyatanya tarif prabayar lebih mahal sesuai simulasi (Rp120.000 dibagi 191 kWh adalah setara dengan Rp628 per 1 kWh sedangkan pasca bayar adalah Rp105.145 dibagi 191 kWh adalah setara dengan Rp550 per 1 kWh, ini hitungan kasar karena PPn, biaya administrasi bank dan beban bulanan masuk dalam perhitungan, tetapi tetap harga per kWh pra bayar lebih besar)

- Kemudahan pembelian token; sebenarnya sama รข€“ sama mudah dengan pembayaran listrik pasca bayar juga dapat melalui ATM

- Mengendalikan pemakaian sendiri; benar kita mengendalikan pemakaian listrik sendiri

- Pembelian token diseuaikan kemampuan; benar, lebih benar lagi karena biaya listrik merupakan biaya rutin yang dikeluarkan maka idealnya justru lebih besar pengeluaran kita tiap bulan karena tarif pra bayar lebih mahal. Misalnya dalam 1 bulan kita butuh 190 kWh maka mau tidak mau kita harus membeli sejumlah token itu tiap bulan dengan uang yang keluar lebih besar dibandingan dengan tagihan yang dikeluarkan melalui listri pasca bayar 190 kWh.

- Privasi tidak terganggu; benar, lebih benar lagi biasanya rumah yang berpagar dan terkunci, langkah aman kita pasang papan angka meter yang dijual di swalayan untuk memberitahukan angka meter yang terpakai tiap bulan supaya tidak terganggu privasi. Namun demikian terkadang petugas malas mencatat (langkah ini sudah kami lakukan waktu masih menggunakan listrik pasca bayar).

Bisakah kami menggunakan listrik pascabayar kembali? Harusnya bisa karena ini hak konsmen untuk memilih. Tolong sosialisasikan program ini dengan gamblang. Jangan mengambil keuntungan dengan ke-awam-an kami dan jangan berorientasi bisnis karena PLN idealnya untuk rakyat.

Tolong PLN menanggapi hal ini. Jangan sampai rakyat terbebani biaya listrik.

Terima kasih
Share this article :

+ komentar + 56 komentar

26 Januari 2012 16.57

oooo..... jadi kalo pake yg boros2 sep ac, kulkas .... bagusnya pake pasca bayar...

28 Februari 2012 03.35

Pemerintah tahunya UNTUNG, rakyat BUNTUNG.

saya kecewa dengan program prabayar,

BATALKAN !

9 April 2012 12.04

menaikkan tarif tdl dng cara halus menghimbau masyakatnya tuk migrasi pasca ke prabayar yg jelas perhitungannya lbih mahal makin pintar ae pemerintah membodohi rakyatnya.

25 April 2012 09.59

d tempat saya pegawai PLN sudah seperti rampok, tanpa meminta persetujuan dari masyarakat langsung aj membongkar dan mengganti dengan pra bayar, klw tidak mau ada unsur ancaman....

25 April 2012 10.03

d tempat saya pegawai PLN sudah seperti rampok, tanpa meminta persetujuan dari masyarakat langsung aj membongkar dan mengganti dengan pra bayar, klw tidak mau ada unsur ancaman....dan ini merupakan keputusan pemerintah kata-a.....tapi d saat saya ingin melihat isi-a...bahwa ada kewajiban...pegawai tersebut menyatakan ketinggalan di kantor....mengerihkan bukan apa yang terjadi....

30 September 2012 22.31

wah...jadi korban kebohongan pemerintah dong...soalnya saya juga baru pasang yang prabayar 1300 VA,kira2 pemerintah Republik ini peduli ga yach ama masalah ginian?... atau mereka cuma sibuk Studi Banding keluar negeri...kacian amir jd wong cilik...

30 November 2012 12.28

memang untuk pemakaian diatas 109 kwh untuk R1 / 900 VA mahal kalo memakai prabayar tetapi pemakaian dibawah itu sangat lebih murah jika memakai prabayar, begini simulasinya

Misal Pelanggan R1 dengan daya 900 Va dan pemakaian 80 kwh Maka di dapat data dibawah :

DATA PELANGGAN

Golongan Tarif : R1
Daya Tersambung : 0.9 kVA
Pemakaian kWh : 80 kWh

TDL 2010

Biaya Beban : 20,000 Rp/kVA
Subsidi Blok 1 : 20 kWh (mak. 20 kwh)
Subsidi Blok 2 : 40 kWh (mak. 40 kwh)
Subsidi Blok 3 : 20 kWh (selebihnya)
Tarif Blok 1 : Rp. 275
Tarif Blok 2 : Rp. 445
Tarif Blok 3 : Rp. 495

PERHITUNGAN REKENING TDL 2010

Biaya Beban = 0.9 x 20,000 = Rp. 18,000
Blok 1 = 20 x 275 = Rp. 5,500
Blok 2 = 40 x 445 = Rp. 17,800
Blok 3 = 20 x 495 = Rp. 9,900
Total = Rp. 51,200

Sedang untuk Prabayar

DATA PELANGGAN

Golongan Tarif : R1
Daya Tersambung : 0.9 kVA
Pemakaian kWh : 80 kWh

TDL 2010

Tarif per kWh : Rp. 605

PERHITUNGAN REKENING TDL 2010

Pemakaian kWh x tarif per kWh
80 kWh x Rp. 605 = Rp. 48,400
Perhitungan diatas belum termasuk :

* PPJ (Pajak Penerangan Jalan)
* angsuran (jika ada)
* dan lain-lain

Dari data diatas ternyata Prabayar lebih murah. Tapi apakah selalu lebih murah ?? Jawabannya tidak.

Dengan melakukan perhitungan yang sama dengan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

450VA Prabayar akan selalu lebih hemat dari pascabayar.

900VA Prabayar Lebih Hemat utk pemakaian <109 kWh dan lebih mahal jika pemakaian diatas >109 kWh

1300VA Prabayar Lebih Hemat Utk pemakaian <52 kWh dan Sama untuk pemakaian >52 kWh.

2200VA Prabayar Lebih Hemat Utk pemakaian <88 kWh dan Sama untuk pemakaian >88 kWh.

3500VA Prabayar Lebih Hemat Utk pemakaian <140 kWh dan Sama untuk pemakaian>140 kWh.

4400VA Prabayar Lebih Hemat Utk pemakaian <176 kWh dan Sama untuk pemakaian>176 kWh.

5500VAPrabayar Lebih Hemat Utk pemakaian <220 kWh dan Sama untuk pemakaian>220 kWh

3 Desember 2012 08.07

Saya lebih setuju dgn pendaptnya Solikhin di atas. Orang tua saya dikampung dalam menggunakan listrik cukup kecil bebannya (alat elektronik gak banyak).

Sebelumnya, saat masih memakai listrik paca bayar, per bulan harus membyar uang 20ribu ke atas.

Sekarang setelah berganti ke prabayar, cukup dengan beli token yg 20ribu tadi, bisa sampai 2 bulan baru habis.

5 Desember 2012 22.23

untuk pemasanga baru prabayar baru2 ini pihak pelanggan dokenakan biaya sebesar 6,5 juta di daerah kutai timur apakah wajar?????????????

11 Desember 2012 07.18

saya pasang listrik pra bayar di daerah tuban (jawa timur) untuk 900v kena 1,8juta. tarif normalnya sh cuma 600ribu. mungkin ada biaya lebih buat mempercepat pemasangan aja.

saya menggunakan listrik prabayar berdaya 900v, dengan pemakaian hanya 3 buah lampu yang masing" lampu berdaya 15watt. saya tidak menggunakan barang elektronik lain sama sekali selain ke-3 lampu tsbt. karena rumah selama 4 bulan saya tinggal. lampu selalu otomatis menyala pada malam hari, dan mati pada siang hari.

nah, setelah saya hitung". tarif saya selalu habis sekitar Rp 37.000/bulan.
apa itu normal?

5 Januari 2013 02.56

Listrik Prabayar ditempat kami kalau mau pasang baru cuma 350 ribu malah petugas PLN yang datang dengan mobil keliling sambil nawarin. ko di Kutai sana mahal sekali ya?

18 Januari 2013 15.05

900VA Prabayar Lebih Hemat utk pemakaian <109 kWh dan lebih mahal jika pemakaian diatas >109 kWh. Saya lebih setuju dgn pendaptnya Solikhin di atas. Sebelum prabayar Rp 175 ribu per bulan, setelah beralih ke prabayar rp 200 ribu hanya bertahan untuk 25 hari. Dan daya listrik terlihat tidak sesuai/ kemungkinan di bawah 900VA karena setelah pasang lonceng prabayar listrik jadi sering jempret (overload)

12 Februari 2013 22.47

Klu disebatik nunukan pemasangan listrik utk prabayar Rp. 2.700,000
Ko bsa beda2 ya
Apakah ini ada unsur permainan....
Binggggguuuuuunggg aq..

19 Februari 2013 10.27

segala sesuatu yang dirubah oleh pemerintah mana ada yang menguntungkan rakyat , dari dulu juga begitu

19 Februari 2013 10.46

Tadinya saya punya rencana migrasi dari pascabayar ke prabayar, tapi setelah-? membaca tulisan ini saya jadi ngeri... sama PLN takut di bohongi.

20 Februari 2013 17.24

Minta dibantu kali aja ada yg bisa jawab:

Tarif/Daya R1/1300
Jumlah KWH 155
Jumlah Tagihan Rp. 136.610,-(tagihan web dan struk pembayaran)

tetapi di simulasi web:
olongan Tarif : RUMAH TANGGA R-1/TR
Batas Daya : 1300 VA
Biaya Beban : 0 RpkVA/bulan
Biaya abonemen : 0 Rpbulan
Jumlah Pemakaian : 155 kWh
Biaya Beban : Rupiah
Biaya Total : 129115 Rupiah
gmana donkkkk????

22 Februari 2013 09.28

Daya 900kVa = Rp.605,- /kwh
Beban 15watt x 3 = 45watt = 0,045kwh
Nyala 12 jam /hari = 360 jam /bulan
perhitungan sebulan = Rp. 605,- x 0.045 kwh x 360 jam = Rp. 9.801,-

Coba periksa pada panel listrik prabayar, apakah gambar tangan ditampilkan? Jika ya, periksa/bongkar pada panel sekering, dan cek pada jalur ground, apakah terhubung langsung dengan panel? jika ya, pisahkan/lepas jalur ground tsb sehingga tidak tersambung langsung dengan panel sekring.. jika masih tersambung; ground tsb menambah beban pemakaian...

23 April 2013 11.23

pln kontol anjing

1 Mei 2013 18.51

Maaf pak, untuk yang listrik prabayar daya nya berapa watt, setau saya kalau migrasi dari pascabayar ke prabayar otomatis daya nya jadi naik, misal kwh pascabayar bapak dulu nya 900 watt terus bapak migrasi ke kwh prabayar nah daya nya otomatis di naikan oleh pln menjadi 1300 watt atau 2200 watt. sedangkan yang daya 1300 atau 2200 tarif listrik nya tidak disubsidi oleh pemerintah.

16 Mei 2013 21.22

Saya rencana nya akan migrasi ke listrik pascabayar dari 900 ke 2200 dikenakan biaya 978rb, tp setelah baca ini jadi ragu. Sebenarnya menguntungkan atau tidak sih?

10 Juni 2013 06.44

Emang Pln banyak korupsi,yg nanggung rakyat kecil,tu sengaja d buat mahal karna pimpinannya jg pingin jatah uang korupnya....

20 Agustus 2013 21.09

ini blog kok gak ngerti...
sekarang sdh banyak orang kaya yg curi daya...
jd kalau peralatan rumah tangganya banyak bayaran kecil kan gk masuk akal...
jd di buat prabayar...

21 September 2013 11.56

Memang seharusnya prabayar lebih murah, tapi kalo harga pemasangannya itu tergantung korupnya brapa???

30 September 2013 10.48

saya ganti ke prabayar malah amit2 naiknya... biasa sebulan cum 180rb skrg jadi 400rb..padahal pemaiakain biasa saja.. malah itu sudah dihemat2 dan dikurangi.. wajarkah ituuu??? saya kecewa

30 September 2013 15.24

Gimana nih PLN..?? Banyak pelangan mengeluhkan listrik pra bayar lebih mahal ketimbang listrik pasca bayar ? Bisakah dari pelanggan prabayar (R1) kembali ke pascabayar seperti dulu? Kan hak konsumen donk mau pilih yang mana? Toh kita tetap taat bayar listrik koq. Yang nunggak kan diputus langsung..

2 Oktober 2013 19.59

saya bru naikin daya jd 1300 watt tp tetep pascabayar bulan kemaren waktu masih 900 watt tanpa ac kena 175 rbu nah sekarang ac 1 tv 3, kulkas ,dll kena 360rbu.. mahalkah ?lebih enak prabayar atau pascabayar.?

10 Oktober 2013 11.38

Jangan mau dibohongi... Prabayar jauuuh lebih mahal dari pasca bayar,, bisa 2x lipat..
Bulan ini kontrakan 1 kamar saya harus keluar 400 ribu (4x isi token 100rb), padahal dari jam 10.30 sampai jam 22.30 kontrakan saya kosong, cuma nyala 1 kulkas kecil + 1 lampu neon hemat energi..jam 22.45 baru nyalain ac, tv 21" dan 2 lampu neon hemat energi tambahan... jam 12, tv dimatikan.. jam 5.00 ac otomatis mati..
Rumah ibu saya yang 4x lipat besarnya dengan 2 ac, 2 tv, setrikaan kalau siang, dan jet pump serta dan 10 lampu neon hemat energi yang dinyalakan bergantian pakai pasca bayar rata2 hanya 300rb, paling mahal 430rb (jika pemakaian lebih boros)

15 Oktober 2013 22.19

Orang k gk pda mudeng ya....wong diatas sdh djelaskn ama pak solikhin....dan laenya....jels murh prabayar klo pemakaian 109kwh kebawah.wong spean sugeh pkeny banyk ya mahal. Golongan kecil mnengah pke prabayar byr hemat. Golongan atas pake pascabayar lbh hemt dbnding prabayar. Aq pake pompa air. Lmpu 18watt 2.majigkom dan elmen teko. Pulsa 20rb msh sisa dlm sebulan.

18 Oktober 2013 07.51

dengan adanya tarif baru 2013
http://www.pln.co.id/dataweb/TTL%202013/Tarif%20Tenaga%20Listrik%202013.jpg
lihat bagian golongan tarif rumah tangga
<= daya 900watt pasca bayar lebih murah di lihat dari sudut pandang manapun ari prabayar dengan daya sama ataupun daya lebih tinggi, karena <= 900 watt masih subsidi pemerintah, kekurangannya hanya siap" listrik njeglek karena ga mampu angkat beban :D

6 November 2013 08.57

Saya baru 1 bulan migrasi ke prabayar dan kecewa berat..(sangat mahal) adakah yang bisa bantu untuk saya kembali ke pasca bayar ? karena petugas yang bantu pemasangan bilang tidak bisa kembali ke semula! salam Fariz Jakarta

6 November 2013 09.09

saya juga setuju balik ke rekening listrik pasca bayar
saya sudah kompalin di online dengan keluhan saya juga jarang di rumah jadi tidak ada yang pencet no token jadi sering padam!!!!!
mohon ditindak lanjuti
terima kasih
denpasar-bali

9 November 2013 16.59

Kalau mau pasang baru langsung datang ke kantor PLN Bapak/Ibu. Jangan melalui orang/calo. Kalau sudah masuk kantor tapi harga masih belum wajar Laporkan ke 123. Pendaftaran Lewat Online juga sudah ada sekarang. Bisa dilihat berapa harga pemasangan listriknya.

9 November 2013 17.12

Untuk listrik Prabayar dengan daya diatas 900 VA (1300, 2200 dst) tarif per KWh nya sama dengar Pasca Bayar (pelanggan rumah tangga). Kalau pemakaian melonjak tajam coba periksa instalasi dan tampilan KWh. Jika ada gambar tangan artinya ada masalah di instalasi rumah Bapak/Ibu. Biasanya Kabel Grounding terhubung dengan Netral Instalasi. Jadi walaupun tidak ada peralatan listrik yg terpakai akan tetap ada arus ke tanah. Solusi mslh tsb adalah dengan memisahkan kabel grounding dengan netral.

9 November 2013 17.16

Kalau melihat ada pelayanan yang kurang baik atau biaya pasang baru yang tinggi sekali bisa dilaporkan ke contack centre PLN 123. Insya Allah pasti akan ditindaklanjut

14 November 2013 07.09

GEBEAR HARGA PROMO TERPERCAYA DI DINA SHOP
Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS:085-77966-5033 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://dina-shop7.blogspot.com/.

Ready Stock!
BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock!
BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock!
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock!
Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock!
Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock!
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
Ready Stock!
Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
Ready Stock!
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
Ready Stock!
Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
Ready Stock!
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
Ready Stock!
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000,-
Ready Stock!
Nokia Lumia 800 - Matt Black.Rp.1.700.000,-
Ready Stock!
Nokia Lumia-710-whiteRp. 900.000,-
Ready Stock!
Nokia C2-06 Touch & Type -Dual GSM-Rp.450.000,-
Ready Stock!
Nokia Lumia 710 - Black.Rp. 900.000,-
Ready Stock!
Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black.Rp.1.200.000,-
Ready Stock!
Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel).Rp.1.200.000,-
Ready Stock!
Apple iPod Touch 4 Gen 8GB.Rp.700.000.
Ready Stock!
APPLE iPod Nano 8GB - Pink.Rp.500.000,-
Ready Stock!
Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue.Rp 1.700.000.
Ready Stock!
Acer Aspire One AOD270 10.1.-Rp. 1.000.000,-
Ready Stock!
Acer TravelMate TM8481-2462G32.Rp. 1.400.000
Ready Stock!
Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook.Rp. 1.100.000,-
Ready Stock!
Nikon D7000 kit 18-105mm.Rp.1.700.000.
Ready Stock!
Nikon D90 Kit 18-105mm Vr.Rp 1.300.000.
Ready Stock!
Nikon Coolpix L 120 Red.Rp. 900.000
Ready Stock!
Nikon Coolpix P 500 Black.Rp 1.000.000

12 Desember 2013 21.46

tarif listrik prabayar memang lebih mahal, brengsek , hentikan monopli listrik PLN... diancuk

5 Januari 2014 23.46

hems,, pesan dari saya,, yg memakai listrik pascabayar, jngan mw beralih ke prabayar.., dijamin rugi.., sdah banyak yang membuktikan.., mau pakek sdkit, tp listrik itu kbutuhan pokok, emank mau cumak ngidupin lampu ja malam hari,, kalo normalnya abis segitu, ya segitu.., masak gue makek listrik cuma2 sih.., coba agan2 pikir sendiri.. udha dapet yg lebih murah,, malah pindah yg lebih mahal., mau gengsi2an,, silahkan, tp pikir dulu pakek otak sebelum bertindak, jngan sampai jadi korban kekerasan pemerintah, hehehee sadiss.

9 Januari 2014 10.18

ternyata saya juga kecewa dengan pulsa prabayar....dayanya berkurang....jadi lebih mahal.....jadi gagal pln prabayar...ganti kembali dengan meter pasca bayar....

27 Januari 2014 19.07

Tarif listrik prabayar sangat murah dan pemasangan nya juga sangat murah. Cukup dengan 250 ribu per bulan sudah cukup untuk 22 lampu @14 watt ( operasional 12 jam per hari ) 1 buah lcd 49 inch ( operasional 8 jam per hari ) 1 buah tv 29 inch ( operasional 2 jam sehari ) 1 buah tv 21 inch ( operasional 4 jam per hari ) 1 buah tv 14 inch ( operasional 6 jam per hari ) 1 unit jet pump 250 watt, 1 unit komputer ( operasional 24 jam per hari berikut modem printer dan pelengkap lain nya ) 1 unit lemari es 2 pintu ( operasional 24 jam per hari ) 2 unit pompa kolam @24 watt ( operasional 24 jam per hari ) 2 unit exhaust fan @30 watt operasional 24 jam per hari. Biaya pemasangan juga murah untuk PB 900 va 700.500 + biaya konsuil 400 ribu tanpa biaya tambahan lagi ( jika mau murah, pilih yg resmi jgn pakai jasa orang tinggal click www.pln.co.id

24 Februari 2014 08.33

Saya jg kecewa, biasanya saya mengeluarkan 300 rb utk listrik pasca bayar/bln, tp stlh migrasi ke pra bayar 300 rb tdk sampai 1 bln.. Seandainya bisa, saya mau balik lg ke listrik pasca bayar

7 Maret 2014 02.07

Ga mahal lebih murah yang sistem lama masih kena bea beban ga di pakai bayar lihat harga per kwh ntar akan tau

7 Maret 2014 02.12

dewa eggixz 5 Januari 2014 23.46
hems,, pesan dari saya,, yg memakai listrik pascabayar, jngan mw beralih ke prabayar.., dijamin rugi.., sdah banyak yang membuktikan.., mau pakek sdkit, tp listrik itu kbutuhan pokok, emank mau cumak ngidupin lampu ja malam hari,, kalo normalnya abis segitu, ya segitu.., masak gue makek listrik cuma2 sih.., coba agan2 pikir sendiri.. udha dapet yg lebih murah,, malah pindah yg lebih mahal., mau gengsi2an,, silahkan, tp pikir dulu pakek otak sebelum bertindak, jngan sampai jadi korban kekerasan pemerintah, hehehee sadiss.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ga rugi bos ini untuk menghindari salah catat meter ,anda bisa rugi banyak telat bayar langsung di putus untuk hidupin bayar bea pasang lagi ga di pake bayar kalau prabayar anda ga pake selama sepuluh taun ga bakal di putus listriknya sama PLN .

7 Maret 2014 02.19

Di rumahku 2 listrik satu pascabayar yang satu prabayar sama2 900amp yang pascabayar pemakaian sama tiap bulan harus bayar Rp.230.000 kalau yang prabayar cuman Rp.90.000 itu aja setiap hari yang di pakai solder 500watt bor listrik graji listrik belum server internet ,tv,lampu dll murah kan dan saya ga pernah yang prabayar lebih dari Rp.100.000

7 Maret 2014 02.27

Terbukti Murah tanpa kena bea beban ,ga takut salah catat meter (sebab yang catat meter itu bukan asli orang PLN cuman kontrak kerja ), ga takut kena denda, dan prabayar ga ada pihak ketiga yang ikut mencari hasil dari proyek ini.dan Perubahan ada baiknya ,untuk kita ,

2 April 2014 08.03

Misal ni mas... saya rencana buka usaha..
Saya usaha game online sebanyak
20 client..
Per kompi saya asumsikan 400 watt...
Menyala 20 jam perhari..
Saya hitung : 0,4 kwh * 20 jam *20 komputer = 160 kwh per hari
Per bulan 4800 kwh...
Biaya voucher yg saya butuhkan +/- 6 juta rupiah

Di sisi lain rekan saya pengusaha warnet memakai listrik pascabayar untuk 40 komputer dengan pengeluaran maksimal 2 juta perbulan..
Kenapa sangat jomplang?
Kenapa 20 komputer saya 3x lipat kebih mahal dari 40 client milik teman saya?
(saya gunakan asumsi kondisi warnet sama2 paling ramai, makanya saya tulis 20 jam / komputer / hari)

Adakah solusi bagi saya yg ingin berbisnis warnet? Adakah solusi bagi pengusaha kecil seperti saya ini?
Nb: biaya 6 juta sudah saya hitung bersama petugas CS pln.

4 April 2014 21.44

hitungannya sdh benar kalau memang perkomputer 400 watt. selanjutnya cb cek daya warnet tmn anda. untuk warnet anda minimal hrs menggunakan daya 11.000. otomatis warnet tmn anda seharusnya dayanya diatas itu, sekitar 2x daya warnet anda, hrsnya menggunakan kwh 3 phs. seandainya tdk, ada indikasi pencurian listrik atau mungkin penggunaan listrik perkomputernya jauh lbh hemat.

22 Mei 2014 08.01

BACA KOMENNYA BPK SOLIKHIN .... WOYYYY...... JGN ASAL POSTING

26 Mei 2014 09.34

betul tuh yang bener pak Solihin..sy sudah buktikan sendiri..thanks

3 Juni 2014 16.44

kaga ada duit buat bayar listrik...coba aja kunjungi http://goo.gl/hh6y2f instal dulu baru dibaca..dijamin aman...

19 Juni 2014 16.24

Wah ... seru juga comment & postingannya. Lagi bingung mau pindah migrasi dari listrik pasca bayar biasa ke prabayar/token nggak ya, lihat commentnya lebih baik tetap di listrik pasca bayar ya


buka dan klik aja disini

5 Juli 2014 18.43

rencana mau naikin ke 1300 alhamdllah gx jd setelah liat kya gini.klo msh bisa yg pascabayar ane mau jd naikin.
ane mau tmbah komputer jd 4 rencananya.bisa gx klo msh pake yg meteran,gx pke pulsa2 segala.

16 Agustus 2014 13.01

Mendingan pkai pascabayar...
tambah rumit,,,orng pgawai pln skrng kocak" mdngan pak pln blik lgi sprti yg dlu pki kilometer jgan pulsa"itu yg saya mau
pokoknya di ubah lg jgan paki kilometer pulsa.

6 September 2014 22.44

listrik prabayar menurut saya lebih murah. selain lebih bisa dikendalikan, tidak kena abonemen juga. listrik pasca bayar abonemennya lumayan. saya listrik 1300watt dulu pasca bayar abonemen 40rb. bayar listrik jadi 140rb. sekarang pakai prabayar sebulan lebih 100rb. itupun bisa lbh hemat lgi kalau sering matiin lampu (saya sering kelupaan matiin lampu sampai berhari2)

10 Oktober 2014 08.42

Saya AMAT SANGAT MENYESAL menggunakan listrik PLN pra bayar. Listrik prabayar jauh lebih mahal dari pasca bayar. Sy pengguna Rumah Tangga (R1) di Kota Malang dgn daya 1300 VA. Awal tahun 2014 untuk token Rp.50.000 masih dapat sekitar 51 KWH, bulan Juni 2014 hanya 48 KWH, Agustus hanya dapat 41, 2 KWH, bulan September merosot lg jd 37,2 KWH. Berdasarkan info PLN 123, tgl 1 November 2014 akan ada "penyesuaian" lg, dari Rp.1.214/KWH menjadi Rp.1.350/KWH, kira2 hanya tinggal 33, 01 KWH. kalau cuma segini dapatnya, 5 hari juga habis. Tahun 2013 pengeluaran listrik per bulan maksimal Rp.120.000, sekarang paling sedikit Rp. 275.000/bulan dengan volume penggunaan yang sama. Padahal langkah2 penghematan makin ketat saya lakukan, tapi kenaikan tarif yg terus menerus membuat kami sangat kesulitan. Hampir 2 bulan sekali tarifnya naik dan makin mencekik!!! Cape deh.....

26 Oktober 2014 13.26

Saya penghuni rusun ditanah anang yang beralih ke prabayar, beberapa bulan yang lalu di saya bisa menghabiskan lebih kurang 450 ribu dan masih ada sisa untuk pemakaian 1ac 2Pc 2lcdtv 2 monitor 1 kulkas sedang 5 lampu 18watt , di bukan ini kenapa aaya sudah isi dengan total 1 juta lebih pulsa listrik saya sudah habis ya?? Ada yang bisa bantu menjelaskan?? Terima kasih

Poskan Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011-2013. PLN Prabayar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger